Langsung ke konten utama

ETNOBOTANI

ETNOBOTANI

     Etnobotani adalah bagian dari etnoekologi, suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan tumbuhan, dimana tumbuhan akan akan dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Etnobotani terbagi menjadi dua kata yaitu “etno = studi tentang manusia” dan “botani = studi tentang tumbuhan”. Tumbuhan banyak dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk membuat sebagai obat, makanan, seni da sebagainya.
    Pada awalnya dilakukan penelitian etnobotani untuk melestarikan budaya tentang pengetahuan masyarakat mengenai tumbuhan, dan ketika penelitian sudah dilakukan ternyata itu sangat berguna untuk :
1. melestarikan hutan.
2. meningkatkan pendapatan masyarakat karena membudidayakan tanaman untuk kebutuhan masyarakat sekitar.
3. melestarikan budaya masyarakat.
4. mengembangkan obat tradisional.

Disini saya akan membahas salah satu contoh Etnobotani yaitu ginseng menjadi perawatan bagi rambut.

Hasil gambar untuk ginseng
                                                                                                                         
    Gingseng atau dikenal dengan nama latinnya Panax, ginseng banyak ditemukan di bumi bagian utara seperti Korea, Amerika Serikat, dll. Namun di Indonesia juga ditemukan sebuah tumbuhan yang memiliki manfaat yang sama yaitu ginseng jawa. Manfaat dari ginseng sudah lama dikenal oleh masyarakat, terutama sebagai obat yaitu menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit dan membantu produksi sel darah merah. Namun selain sebagai obat, ginseng juga dapat bermanfaat bagi perawatan rambut.
   Gingseng memiliki kandungan terpenidol glycisides atau ginsenosida yang berfungsi sebagai penguat akar rambut dan kandungan saponin yang berfungsi untuk mencegah timbulnya ketombe.  Penggunaan ginseng untuk perawatan rambut dapat dilakukan sebagai shampo, toner, dan masker rambut.
1. Ginseng digunakan sebagai shampo
    Ginseng yang diketahui berfungsi dalam perawatan rambut dan kulit kepala menyebabkan banyak diproduksi shampo yang mengandung ekstrak ginseng. Kandungan didalam ekstraknya tersebut dapat membantu melebatkan rambut, menjaga warna asli rambut, mehilangkan bekas ketombe, dan membuat rambut tetap halus dan juga lembab. Ginseng sangat mudah masuk kedalam akar rambut yang menyebabkan pertumbuhan rambut akan lebih cepat.
2. Ginseng digunakan sebagai hair tonic
     Selain menjadi shampo ginseng juga dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut dalam bentuk perawatan rambut hair tonic, hair tonic digunakan sesudah keramas. Dengan penggunaannya dilakukan setiap hari maka akan membantu rambut menjadi sehat dan tebal.
3. Ginseng digunakan sebagai masker rambut
    Dengan memanfaatkan ginseng sebagai masker rambut adalah hal yang sangat baik karena kandungan dari ginseng tersebut akan membantu melindungi rambut dari kotoran dan juga akan membuat rambut cepat menebal. Minyak atsiri dan fitosterol yang terdapat dalam ekstrak ginseng tersebut akan membantu memperlambat pertumbuhan uban dan membantu menjaga kesehatan rambut. Selain kedua kandungan tersebut didalam ekstrak ginseng juga terdapat selulosa yang akan menjaga rambut dari paparan sinar UV yang membuat rambut menjadi rusak.
   Dari ketiga pemanfaatan ginseng dalam merawat rambut tersebut dapat disimpulkan bahwa ginseng memiliki kandungan yang sangat baik untuk rambut, seperti jika seseorang yang mengalami rambut yang susah tumbuh atau rambut mudah rontok maka penggunaan ginseng dalam perawatan rambutnya merupakan langkah yang baik. Selain itu bagi seseorang yang aktif diluar ruangan sangatlah cocok menggunakan perawatan rambut yang berbahan aktif ginseng karena ginseng tersebut akan membantu penangkalan sinar UV.                                                                                      

Permasalahan :
1. Apa sajakah yang terkandung didalam ginseng tersebut sehingga sangat bermanfaat bagi perawatan rambut?
2. Selain untuk merawat rambut apakah manfaat lain dari ginseng tersebut?
3. Tumbuhan lain apalagi yang dapat merawat rambut?

Komentar

  1. Hallo seprida.
    Nama saya niken ayu hestiantari (033), saya akan mencoba menjawab permasalahan nomor 3.
    Banyak sekali tumbuhan yang dapat kita manfaatkan untuk merawat rambut kita, sejauh ini ya g saya ketahui yaitu : tumbuhan lidah buaya yang bermanfaat untuk merawat rambut tumbuh sehat serta lebat. minyak zaitun, selama ini kita tahu bahwa minyak zaitun itu bermanfaat untuk muka tetapi juga bermanfaat untuk merawat rambut agar tumbuh sehat dan lebat. Minyak kemiri juga berfungsi untuk merawat rambut kita agar lebih sehat.
    Terimakasih, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. Hallo seprida, perkenalkan nama saya
    Nama: Alfu Laila Ariyanti
    Nim: A1C117022
    Klas: Reguler B
    Disini saya akan mencoba membantu permasalahan saudari seprida no 2 dimana pertanyaannya Selain untuk merawat rambut apakah manfaat lain dari ginseng tersebut?
    Penjelasannya :
    Ada banyak sekali manfaat Ginseng salah satunya:
    1. Mencegah penuaan
    Manfaat ginseng untuk kulit yang pertama adalah menstimulasi dan mengaktifkan sistem metabolisme kulit, karena ginseng mengandung phytonutrients. Kondisi yang demikian tentu akan melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas, seperti paparan sinar matahari dan pencemaran lingkungan.
    2. Menjaga kulit tetap sehat
    Ginseng sendiri merupakan tanaman herbal dengan kandungan bahan yang cukup lengkap. Tidak hanya kaya akan antioksidan, ginseng juga dilengkapi dengan vitamin serta mineral yang baik dalam menjaga kesehatan kulit.
    3. Mengatasi masalah kulit
    Sejumlah masalah kulit seperti, kulit kasar, rosacea (kulit wajah kemerahan) hingga eksim dapat diatasi hanya dengan mengonsumsi ginseng. Dilansir dari laman Stylecraze, ginseng mengandung bahan yang dapat melancarkan sirkulasi pembuluh darah vascular. Tidak heran jika manfaat ginseng untuk kulit dapat mengembalikan kesehatan kulit. Bahkan, ginseng menjadikan kulit tampak lebih cerah dan lembap.
    4. Meningkatkan kompleksitas
    Akar dan daun ginseng mengandung banyak antioksidan, mineral, dan vitamin. Bahan-bahan ini sangat bagus untuk kulit kita. Ketiga kandungan terebut berperan aktif dalam metabolisme sel-sel kulit. Manfaat ginseng untuk kulit ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan meregenerasi sel-sel baru.
    5. Menyamarkan noda di kulit
    Ginseng adalah toner yang sangat baik. Manfaat ginseng untuk wanita dapat membantu dalam pembentukan kolagen dan mengurangi bintik-bintik hitam di wajah.
    6. Membantu pengelupasan kulit mati
    Manfaat ginseng untuk kulit dapat meluruhkan sel kulit mati, sehingga kulit dapat meregeneresi sel kulit mati dengan labih baik.
    7. Ginseng bagus untuk kulit sensitif dan berminyak
    Manfaat ginseng untuk kulit dapat membantu menetralkan kulit kering, dan karena sifatnya, dapat membantu kulit berminyak serta kulit sensitif. I
    8. Mencerahkan kulit
    Beberapa penelitian kecil pada ekstrak ginseng berry telah menemukan bahwa ginseng memiliki potensi dalam mencerahkan tampilan kulit.
    9. Mengatasi jerawat
    Ginseng, terutama ginseng Siberia, sering digunakan untuk membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, sepeti dilansir NaturalWaysToGetRidOfAcne.com. Ketika Anda mengaonsumsi kapsul ginseng setiap hari, tubuh akan dapat memperbaiki ketidakseimbangan hormon Anda. Karena masalah hormon adalah faktor yang dapat menyebabkan jerawat.
    10. Mengatasi kantung mata hitam
    Manfaat Ginseng untuk kulit selanjutnya adalah dapat mengatasi lingkaran mata yang menghitam. Caranya, gunakan ginseng sebagai masker wajah di bagian kantung mata untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam.
    Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Tubuh
    1. Mengatasi diabetes tipe 2
    2. Menurunkan berat badan
    3. Meningkatkan daya tahan tubuh
    4. Mengatasi kram menstruasi
    5. Fungsi seksual pria
    6. Sistem kekebalan tubuh
    7. Mengurangi kelelahan
    8. Meningkatkan kesehatan mental
    9. Ginseng bermanfaat sebagai heart tonic
    10. Mengurangi kolesterol
    Semoga membantu, Terimakasih 

    BalasHapus
  3. Perkenalkansaya Hr. Yuniarccih dengan nim RSA1C117001
    Saya akan mencoba menjawab permasalahan saudari Seprida yang pertama
    Ginseng memiliki kandungan sebagai berikut
    - saponin ginseng & glikosida,
    - asam amino,
    - polisakarida,
    - vitamin B
    - Germanium organik,
    -Magnesium, Potassium dan unsur-unsur lain.

    Kandungan saponin dan vitamin B yang dimiliki ginseng sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut.
    Saponin dapat membantu rambut menjadi lebih sehat.
    Semiga dapat membantu
    Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman dan Keunikan Struktur Kimia Steroid

Steroid Steroid adalah senyawa  bahan alam yang memiliki 17 atom karbon yang membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincin siklopentana  dengan struktur dasarnya yang dibentuk 1,2-sikloentenoperhidrofenantren. Kerangka dasar dari stereoid ini berbentuk triterpen jasiklik. Struktur stereoid memiliki empat cincin dimana pada cincin A, B dan C-nya terdapat 4 atom karbon dan cincin D-nya terdapat lima atom karbon. Steroid merupakan turunan dari terpena dan skualena. Yang membedakan dari semua jenis steroid terletak pada gugus fungsional yang diikat oleh empat cincin ini dan tahap oksidasi tiap-tiap cincin. Klasifikasi Steroid: Perbedaan antar kelompok dari steroid dapat dilihat dari jenis substituen R1, R2, dan R3 yang mengikat pada kerangka dasar steroid diatas sedangkan perbedaan dari setiap senyawanya diakibatkan dari panjang rantai karbon substituen, gugus fungsi substituen, jumlah dan posisi gugus fungsi oksigen, dan ikatan rangkap pada kerangka dasar serta konf

Jurnal Analisa Kualitatif Unsur-Unsur Zat Organik dan Penentuan Kelarutan

JURNAL PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I DISUSUN OLEH : SEPRIDA ANJELINA TARIGAN (NIM : A1C117051) DOSEN PENGAMPU: Dr. Drs. SYAMSURIZAL.,M.Si        PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI  2019 PERCOBAAN 1 I.      JUDUL : Analisa Kualitatif   Unsur-Unsur Zat Organik dan Penentuan Kelarutan II.   HARI, TANGGAL : Sabtu, 23 Februari 2019 III.              TUJUAN PERCOBAAN :      Pada akhir percobaan ini mahasiswa harus dapat dan memahami mengenai : a.          Prinsip dasar dalam analisa kualitatif dalam kimia organik. b.          Tahapan kerja analisa yang dimulai dengan unsur karbon, hidrogen, belerang nitrogen,           halogen dalam suatu senyawa organik dan penentuan kelas kelarutannya. c.          Mencoba beberapa senyawa unknown un

Jurnal Reaksi-reaksi Alkohol dan Fenol

    JURNAL VI PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I REAKSI-REAKSI ALKOHOL DAN FENOL DISUSUN OLEH : SEPRIDA ANJELINA TARIGAN (NIM : A1C117051) DOSEN PENGAMPU : Dr. Drs. SYAMSURIZAL., M.Si PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI                                                                             2019                                                               PERCOBAAN 6 I. JUDUL : Reaksi-reaksi Alkohol dan Fenol II. HARI,TANGGAL : Sabtu, 30 Maret 2019 III. TUJUAN       Setelah menyelesaikan percobaan ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mengetahui:  Dapat memahami dan mengetahui perbedaan sifat- sifat antara alkohol dan fenol  Dapat memahami jenis-jenis reaksi dan pereaksi yang digunakan untuk membedakan antara senyawa-senyawa alkohol dan fenol  Dapat memahami asas-asas dari reaksi tersebut pada 2. IV. LANDASAN TEORI