Langsung ke konten utama

Potensi Pemanfaatan terpenoid untuk makhluk hidup

   Senyawa-senyawa terpenoid sangat berpotensi untuk bermanfaat bagi makhluk hidup. Dengan diketahui banyak kandungan didalam senyawa terpenoid tersebut yang berguna bagi makhluk hidup maka hal itu dibuktikan oleh para ilmuwan bahwa senyawa terpenoid tersebut terbukti bermanfaat bagi semua makhluk hidup. Secara garis besar berbagai manfaat dari senyawa tersebut dapat dikategorikan dalam beberapa bagian, antara lain:
1. berperan dalam spesies penghasil terpenoid, contohnya itu seperti Gibberelin dalam tanaman. Dimana Gibberelin tersebut akan membantu dalam merangsang pertumbuhan batang, memecahkan mitosis dalam beberapa daun tumbuhan, mempercepat perkecambahan biji. Senyawa yang termasuk kedalam golongan pemanfaatan ini yaitu senyawa diterpenoid.
2. Industri, terpenoid dalam bidang industri sangatlah banyak digunakan.
  a. Terpenoid banyak digunakan sebagai parfum, kosmetik, pewangi karena seperti yang sudah tertulis di blog sebelumnya bahwa senyawa-senyawa terpenoid dapat memberikan bau yang khas. Senyawa yang dimanfaatkan dalam pemberian aroma ini yaitu senyawa monoterpenoid.
  b. Selain itu senyawa terpenoid juga digunakan sebagai zat yang ditambahkan kedalam makanan, minuman, odol, dan obat kumur. Senyawa yang tergolong pada pemanfaatan ini yaitu jenis senyawa terpenoid
  c. Senyawa terpenoid juga digunakan sebagai pestisida dalam bidang industri. 
  d. pemanfaatan senyawa terpenoid dalam bidang industri yang terakhir sebagai obat nyamuk dan kembang api.
  e. Senyawa terpenoid juga dapat menghasilkan karet yang mana senyawa yang bermanfaat sebagai penghasil karet ini tersebut tergolong dalam senyawa politerpenoid.
3. Kesehatan, senyawa-senyawa terpenoid banyak digunakan sebagai obat-obat.
   a. Senyawa terpenoid digunakan sebagai obat dalam mengurangi rasa sakit, kram, nyeri dan sakit kepala, contohnya itu seperti menthol selain itu digunakan juga sebagai obat iritasi, pilek, tenggorokan dan luka bakar. Selain itu juga digunakan sebagai obat untuk penyakit diabetes, gangguan kulit, gangguan menstruasi dan kerusakan hati, senyawa terpenoid yang bermanfaat untuk obat penyakit tersebut tergolong dalam senyawa triterpenoid.
   b. Senyawa terpenoid juga digunakan sebagai antiseptik karena sifat dari senyawa terpenoid itu aktif terhadap bakteri dan jamur. Senyawa terpenoid yang bermanfaat sebagai antiseptik ini tergolong dalam senyawa monoterpenoid. 

   Sebelumnya Anda pasti merasa penasaran, senyawa terpenoid itu dikatakan bermanfaat bagi makhluk hidup seperti yang sudah dijelaskan diatas, tapi Anda belum mengetahui apa saja senyawa terpenoid yang ada disekeliling kamu yang mungkin setiap hari kamu gunakan. Pada dasarnya segala yang kita gunakan dalam kehidupan kita tentu tidak terlepas dari senyawa kimia, nah senyawa kimia tersebut salah satunya yaitu senyawa terpenoid. Dimana disini akan saya bahas contoh senyawa terpenoid yang bermanfaat bagi kesehatan atau pengobatan herbal.
1. Menthol : seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa senyawa terpenoid ini bermanfaat bagi kesehatan yang dapat meredakan pilek, nyeri, sakit kepala, pegal-pegal dan lain-lain. Menthol ini terdapat didalam daun mint, karena memberikan kesejukan atau efek dingin maka menthol dapat bermanfaat banyak seperti yang sudah disebutkan.
2. Kamfer : Kamfer ini banyak digunakan untuk mengobati nyeri sendi, sakit kepala, sakit perut, rematik, muntah, gatal-gatal. Kamfer berasal dari tanaman kamfer yang biasanya kamfer ini dicampurkan dengan berbagai jenis minyak seperti minyak cengkeh dan gandapura dan dibuat dalam bentuk balsem.


 Hasil gambar untuk mengkudu
MENGKUDU
 
Disini saya akan membahas salah satu tanaman yang termasuk senyawa terpenoid dan bermanfaat banyak bagi mahluk hidup. Mengkudu memiliki kandungan terpenoid  sejenis lemak yang sanagt bermanfaat bagi tubuh. Dimana mengkudu ini dapat membantu sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh. Selain sejenis lemak didalam mengkudu juga terkandung zat Anti-bakteri Acubin, L. asperuloside, alizarin dan beberapa zat antraquinon.
Dengan kandungan didalamnya maka mengkudu memiliki banyak manfaat, diantaranya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini sudah dibuktikan oleh Dr. Schechter dimana beliau mendapatkan data bahwa hal tersebut terbukti bahwa mengkudu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Permasalahan:
1. Senyawa terpenoid yang dimanfaatkan dalam bidang industri salah satunya sebagai pestisida, dimana pestisida tersebut dapat membunuh hewan, jadi apakah senyawa terpenoid tidak ada yang bermanfaat bagi hewan?
2. Bagaimana cara senyawa terpenoid yang terkandung didalam mengkudu tersebut sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh? dan apakah ada manfaat lain dari mengkudu tersebut yang ditinjau dari peran senyawa terpenoidnya?
3. Monoterpenoid dapat digunakan sebagai antiseptik karena sifat senyawanya yang aktif. Jadi apakah pada senyawa terpenoid yang lain seperti seskuiterpenoid, diterpenoid, triterpenoid dan politerpenoid tidak dapat digunakan sebagai antiseptik? apakah didalam senyawa terpenoid tersebut sifatnya tidak aktif? jika tidak aktif apakah apakah tidak ada pemicu lain yang bisa membuat senyawa terpenoid itu sebagai antiseptik?


Komentar

  1. Hay seprida saya akan membantu menjawab permasalahan no 2.Menurut saya pada buah mengkudu tersebut terdapat senyawa bioaktif yang akan membantu dalam kesehatan tubuh manusia.Dimana senyawa bioaktif yang terkandung didalmnya seperti,alkaloid,flavonoid,asam amino,asam linoleat,vitamin A,vitamin B,terpenoid,dan senyawa lainnya .Sifat farmakologi pun juga telah dikaitkan dengan buah mengkudunya,seperti anti inflamasi,anti kanker,dan sifat anti oksidannya.Dan bahkan sejak dulu orang-orang telah meminum jus mengkudu untuk pengobatan seperti diabetes,tekanan darah tinggi,dan peradangan.

    BalasHapus
  2. hai seprida
    saya akan mencoba menjawab permasalahan pertama, ada manfaat lain dari senyawa terpenoid yang merupakan manfaat positif terutama bagi hewan. seperti salah satu senyawa terpenoid yaitu karotin yang termasuk kedalam bagian tetraterpenoid. karoten juga biasanya ada pada cangkang luar hewan yang ada di air tawar maupun yang ada di air tawa. dimana kita tahu bahwa fungsi dari cangkang itu adalah melindungi tubuh hewan yang ada di dalamnya. karoten ini juga berguna sebagai antioksidan bagi tubuh makhluk yang mengkonsumsinya. akroten tidak dapat diproduksi langsung oleh hewan atau manusia, jadi untuk mendapatkannya, hewan atau manusia ini dapat mengkonsumsinya.
    terimakasih

    BalasHapus
  3. Hallo seprida
    Saya akan mecoba menjawab permasalahan no.3. apakah seskuiterpen, diterpen, triterpen, Dan politerpen. Menurut Saya senyawa diatas dapat digunakan sebagai antiseptik, Karena dalam senyawa tersebut funsinya hampir sama dengan monoterpen, Dan juga senyawa tersebut tergolong dalam senyawa terpenoid, dimana Kita ketahui bahwa senyawa terpenoid ini memiliki sifat yang aktif terhadap bakteri dan jamur
    Semoga membantu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman dan Keunikan Struktur Kimia Steroid

Steroid Steroid adalah senyawa  bahan alam yang memiliki 17 atom karbon yang membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincin siklopentana  dengan struktur dasarnya yang dibentuk 1,2-sikloentenoperhidrofenantren. Kerangka dasar dari stereoid ini berbentuk triterpen jasiklik. Struktur stereoid memiliki empat cincin dimana pada cincin A, B dan C-nya terdapat 4 atom karbon dan cincin D-nya terdapat lima atom karbon. Steroid merupakan turunan dari terpena dan skualena. Yang membedakan dari semua jenis steroid terletak pada gugus fungsional yang diikat oleh empat cincin ini dan tahap oksidasi tiap-tiap cincin. Klasifikasi Steroid: Perbedaan antar kelompok dari steroid dapat dilihat dari jenis substituen R1, R2, dan R3 yang mengikat pada kerangka dasar steroid diatas sedangkan perbedaan dari setiap senyawanya diakibatkan dari panjang rantai karbon substituen, gugus fungsi substituen, jumlah dan posisi gugus fungsi oksigen, dan ikatan rangkap pada kerangka dasar serta konf

Jurnal Analisa Kualitatif Unsur-Unsur Zat Organik dan Penentuan Kelarutan

JURNAL PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I DISUSUN OLEH : SEPRIDA ANJELINA TARIGAN (NIM : A1C117051) DOSEN PENGAMPU: Dr. Drs. SYAMSURIZAL.,M.Si        PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI  2019 PERCOBAAN 1 I.      JUDUL : Analisa Kualitatif   Unsur-Unsur Zat Organik dan Penentuan Kelarutan II.   HARI, TANGGAL : Sabtu, 23 Februari 2019 III.              TUJUAN PERCOBAAN :      Pada akhir percobaan ini mahasiswa harus dapat dan memahami mengenai : a.          Prinsip dasar dalam analisa kualitatif dalam kimia organik. b.          Tahapan kerja analisa yang dimulai dengan unsur karbon, hidrogen, belerang nitrogen,           halogen dalam suatu senyawa organik dan penentuan kelas kelarutannya. c.          Mencoba beberapa senyawa unknown un

Jurnal Reaksi-reaksi Alkohol dan Fenol

    JURNAL VI PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I REAKSI-REAKSI ALKOHOL DAN FENOL DISUSUN OLEH : SEPRIDA ANJELINA TARIGAN (NIM : A1C117051) DOSEN PENGAMPU : Dr. Drs. SYAMSURIZAL., M.Si PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI                                                                             2019                                                               PERCOBAAN 6 I. JUDUL : Reaksi-reaksi Alkohol dan Fenol II. HARI,TANGGAL : Sabtu, 30 Maret 2019 III. TUJUAN       Setelah menyelesaikan percobaan ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mengetahui:  Dapat memahami dan mengetahui perbedaan sifat- sifat antara alkohol dan fenol  Dapat memahami jenis-jenis reaksi dan pereaksi yang digunakan untuk membedakan antara senyawa-senyawa alkohol dan fenol  Dapat memahami asas-asas dari reaksi tersebut pada 2. IV. LANDASAN TEORI