Langsung ke konten utama

Kimia Bahan Alam Untuk Makanan, Minuman dan Penyedap Rasa

       Pada zaman sekarang ini banyak sekali beredar dipasaran penyedap rasa yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia. Meskipun sebagian orang sudah mengetahui bahwa penyedap rasa itu berbahaya tetapi akan tetap digunakan karena menurut dia makanan tidak akan enak tanpa adanya itu. Disini penulis akan menuliskan bebeberapa bahan penyedap makanan dan minuman alami pengganti MSG agar tidak membahayakan tubuh.
       Penyedap rasa adalah suatu zat yang ditambahakan kedalam makanan atau minuman untuk meningkatkan rasa makanan dan minuman tersebut. Contoh penyedap rasa yang paling umum ialah Monosodium glutamat (MSG). Penyedap rasa yang sering disebut dengan micin ini akan lebih baik jika dihindari apalagi untuk anak-anak karena akan mempengaruhi fungsi otaknya.
       Senyawa kimia yang bisa dijadikan menjadi penyedap rasa adalah sebagai berikut:
1. Natrium Benzoat
    Natrium benzoat merupakan garam dari asam benzoat ketika dilarutkan dalam air, dengan rumus kimia NaC7H5O2, natrium benzoat ini digunakan sebagai pengawet makanan. Natrium Benzoat alami ini dapat ditemukan didalam cengkih, kayu manis, apel, kranberi, prune. Natrium Benzoat dapat digunakan sebagai pengawet makanan karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur dalam suasana asam. Biasanya asam benzoat ini digunakan dalam makanan dan minuman yang bersifat asam seperti selai buah, jus, minuman karbonat, dll.

Rumus skeleton natrium benzoat Bubuk natrium benzoat

2. Mononatrium glutamat/ monosodium glutamat (MSG)
   MSG adalah garam natrium dari asam glutamat yang merupkan salah satu asam amino non-esensial yang berlimpah yang terbentuk secara alami. MSG atau micin ini sudah banyak diperdagangkan seperti Ajinomoto, Accent, vensit. MSG memberikan rasa umami yang sama seperti glutamat dari makanan. MSG dapat memeperkuat rasa pada makanan sehingga sering digunakan. 

Chemical composition of monosodium glutamateKristal mononatrium glutamat



3. Dinatrium Guanilat/Guanosis Monofosfat (GMP)
    GMP ini dapat digunakan sebagai penyedapa rasa, GMP ini merupakan bahan yang cukup mahal sehingga jarang digunakan. senyawa GMP ini dapat diproleh dari ikan dan rumput laut, biasanya senyawa ini digunakan sebagai penyedap rasa didalam mie instan, keripik kemasan, dan makanan kemasan lain. 
Disodium guanylate.png

4. Natrium Nitrit
 Natrium Nitrit dengan rumus kimia NaNO2 berbentuk kristal putih dan terkadang berwana kuning juga, mudah larut dalam air. Natrium nitrit merupakan zat pengawet makanan karena sifatnya yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri, biasanya digunakan dalam pengawet daging olahan, selain sebagai pengawet makanan senyawa ini juga dapat memberikan rasa asin jika ditambahakan kedalam makanan, seperti rasa asin yang dihasilkan didalam daging kalengan. 

Natriumnitrit.pngNatrium nitrit



5. Asam Benzoat
    Asam Benzoat merupakan asam karboksilat aromatik dengan rumus molekul C7H6O2, bentuknya berupa padatan/kristal putih. Sumber alami dari asam benzoat ini ialah getah kemenyan. Asam Benzoat ini sering digunakan sebagai pengawet makanan. 
Benzoic acid.svg


        Beberapa sumber penyedap rasa alami dan sebagai pengganti penyedap rasa buatan:
1. Tomat
    Pada tomat terdapat kandungan glutamate sehingga dapat memberikan rasa gurih alami pada makanan. Biasanya tomat ini ditambahkan kedalam beberapa makanan seperti sop, soto, salad untuk memberikan rasa asam yang segar saat masyarakat belum mengetahui fungsinya. Kandungan glutamate pada tomat akan semakin kuat jika diolah dengan cara dibakar dan dipanggang. Selain memiliki kandungan glutamate, tomat juga tinggi akan vitamin C dan A sehingga jika mengonsumsi makanan yang mengandung tomat bukan hanya mendapatkan rasa gurih tetapi kita juga akan mendapatkan nutrisi.

2. Jamur
    Jamur yang seperti kita ketahui rasanya gurih alami, biasanya jamur ini digunakan sebagi pengganti daging untuk makanan vegetarian karena rasanya yang sama-sama gurih jika diolah dengan tepat. Jamur jika ditumis seperti jamus shiitake dan portobello rasa gurihnya akan semakin kuat sehingga cocok digunakan sebagai pengganti MSG.


3. Bawang putih
    Bawang putih juga dapat memberikan rasa gurih pada makanan sehingga sangat sering ditemukan diberbagai sajian makan khas Indonesia. Bawang putih ini baik digunakan sebagai pengganti MSG baik itu bawang putih langsung atau bubuk bawang putih.

4. Lada Hitam
    Selain bawang putih bumbu masakan yang lain sebagai pengganti MSG adalah lada hitam. Lada hitam memberikan rasa pedas, selain rasa pedas juga memberikan rasa pada makanan. Namun alangkah lebih baik jika lada hitam yang digunakan yang belum mengandung campuran.

5. Terasi
   Banyak orang yang sangat menyukai bau terasi ini karena dapat membuat selera makan meningkat apalagi jika dipadukan dengan cabai. Biasanya terasi ini dicampurkan dalam tumisan, sambal, nasi goreng karena dapat memeberikan rasa gurih seperti MSG.

6. Kaldu Pelezat Alami
   kaldu ini biasanya dibuat dari bahan alami seperti jamur dan sebagianya yang memiliki rasa gurih alami sehingga kaldu ini akan menambah kenikmatan makanan seperti MSG. Kaldu pelezat alami ini tidak mengandung perasa, pengawet, pewarna buatan, sehingga lebih aman dikonsumsi.


PERMASALAHAN:
1. Senyawa Natrium Nitrit dapat digunakan sebagai pengawet dalam kemasanan daging kalengan, namun jika produk tersebut berada pada suhu tinggi dapat membuat produk tersebut menjadi berbahaya yang mana akan memicu berbagai penyakit seperti kanker. Menurut Anda jika dilihat dari strukturnya digugus manakah dari struktur tersebut diserang sehingga menjadi berbahaya? dan bagaimana reaksi senyawa tersebut didalam tubuh?

2. Banyak sekali kita temukan bahan alam yang dapat kita gunakan sebagai penyedap rasa pengganti penyedap rasa buatan yang sudah tercampur dengan bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh kita, seperti contohnya bawang putih, lada hitam, jamur dll sebagai pengganti MSG yang dapat memeberikan rasa gurih untuk makanan. Menurut Anda apakah  bahan alam tersebut memiliki reaksi yang sama didalam tubuh dengan MSG? dan apakah struktur yang terbentuk sama dari ketiga bahan alam tersebut dengan struktur MSG jika diolah menjadi seperti MSG?

3. Asam benzoat merupakan salah satu senyawa yang dapat digunakan sebagai pengawet makanan. menurut Anda apakah yang menyebabkan senyawa tersebut dapat digunakan sebagai pengawet makanan, Coba anda jelaskan berdasarkan kelebihan/keunikan struktur dan sifat yang dimilikinya sehingga memiliki fungsi sebagai pengawet makanan ?

Komentar

  1. 1. Terbukti dari riset bahwa terjadi pengelompokkan nitrat dan nitrit ke dalam kemungkinan karsinogen pada manusia karena saat daging yang memiliki kandungan zat itu digoreng atau dibakar di suhu tinggi, bisa berubah menjadi N-nitroso, seperti nitrosamin, yang memang bersifat karsinogen. Bahkan walau nitrosamin belum terbentuk saat daging digoreng, bisa saja pembentukannya terjadi di dalam lambung.
    Zat asam di dalam lambung ternyata cukup untuk mengubah pengawet ini menjadi nitrosamin. Sehingga itu lah yang menyebabkan menjadi bahaya.
    Untuk reaksi bisa dilihat pada blog saya
    https://alfulailaariyanti.blogspot.com/2019/11/a.html?m=1
    Semoga membantu:)

    BalasHapus
  2. 3. Hr. Yuniarccih
    Asam benzoat pada pH 2.5-4 dapat melakukan meabilitas pada membran sel mikroba.
    Membran sel mikroba yang awalnya netral akan berubah menjadi asam akibat asam benzoat
    Sehingga dapat mengganggu perkembangan mikroba dan bahkan dapat membuat mikroba mati

    BalasHapus
  3. 2. Reaksi yang ditimbulkan oleh bahan alami ini pasti berbeda dengan MSG, karena mereka berasal dari bahan alam, yang lebih baik untuk tubuh. Struktur yang terbentuk pasti berbeda, antara bahan alami yang satu dan yang lainnya apalagi jika terhadap MSG, tetapi pasti ada suatu gugus yang sama dari mereka sehingga mereka memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penyedap rasa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman dan Keunikan Struktur Kimia Steroid

Steroid Steroid adalah senyawa  bahan alam yang memiliki 17 atom karbon yang membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincin siklopentana  dengan struktur dasarnya yang dibentuk 1,2-sikloentenoperhidrofenantren. Kerangka dasar dari stereoid ini berbentuk triterpen jasiklik. Struktur stereoid memiliki empat cincin dimana pada cincin A, B dan C-nya terdapat 4 atom karbon dan cincin D-nya terdapat lima atom karbon. Steroid merupakan turunan dari terpena dan skualena. Yang membedakan dari semua jenis steroid terletak pada gugus fungsional yang diikat oleh empat cincin ini dan tahap oksidasi tiap-tiap cincin. Klasifikasi Steroid: Perbedaan antar kelompok dari steroid dapat dilihat dari jenis substituen R1, R2, dan R3 yang mengikat pada kerangka dasar steroid diatas sedangkan perbedaan dari setiap senyawanya diakibatkan dari panjang rantai karbon substituen, gugus fungsi substituen, jumlah dan posisi gugus fungsi oksigen, dan ikatan rangkap pada kerangka dasar serta konf

Jurnal Analisa Kualitatif Unsur-Unsur Zat Organik dan Penentuan Kelarutan

JURNAL PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I DISUSUN OLEH : SEPRIDA ANJELINA TARIGAN (NIM : A1C117051) DOSEN PENGAMPU: Dr. Drs. SYAMSURIZAL.,M.Si        PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI  2019 PERCOBAAN 1 I.      JUDUL : Analisa Kualitatif   Unsur-Unsur Zat Organik dan Penentuan Kelarutan II.   HARI, TANGGAL : Sabtu, 23 Februari 2019 III.              TUJUAN PERCOBAAN :      Pada akhir percobaan ini mahasiswa harus dapat dan memahami mengenai : a.          Prinsip dasar dalam analisa kualitatif dalam kimia organik. b.          Tahapan kerja analisa yang dimulai dengan unsur karbon, hidrogen, belerang nitrogen,           halogen dalam suatu senyawa organik dan penentuan kelas kelarutannya. c.          Mencoba beberapa senyawa unknown un

Jurnal Reaksi-reaksi Alkohol dan Fenol

    JURNAL VI PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I REAKSI-REAKSI ALKOHOL DAN FENOL DISUSUN OLEH : SEPRIDA ANJELINA TARIGAN (NIM : A1C117051) DOSEN PENGAMPU : Dr. Drs. SYAMSURIZAL., M.Si PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI                                                                             2019                                                               PERCOBAAN 6 I. JUDUL : Reaksi-reaksi Alkohol dan Fenol II. HARI,TANGGAL : Sabtu, 30 Maret 2019 III. TUJUAN       Setelah menyelesaikan percobaan ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mengetahui:  Dapat memahami dan mengetahui perbedaan sifat- sifat antara alkohol dan fenol  Dapat memahami jenis-jenis reaksi dan pereaksi yang digunakan untuk membedakan antara senyawa-senyawa alkohol dan fenol  Dapat memahami asas-asas dari reaksi tersebut pada 2. IV. LANDASAN TEORI