Langsung ke konten utama

Potensi Pemanfaatan Steroid untuk Makhluk Hidup

  Pada blog sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana struktur dari turunan steroid itu terbentuk dan apa saja keunikan dari strukturnya tersebut. Maka di blog ini akan kita bahas mengenai apa saja manfaat yang didapatkan dari steroid dan turunan steroid tersebut. Mulai manfaat dibidang industri, pangan, kosmetik, dll. Steroid seperti yang sudah kita kenal dengan suatu senyawa organik lemak sterol yang dihasilkan dari reaksi penurunan dari terpen atau skualen. steroid dapat dihasilakn dari bahan alam yang ada disekeliling kita. Jadi dengan kita mengetahui bahan alam apa saja yang mengandung steroid maka kita bisa memanfaatkannya dengan melihat jenis steroid apa didalamnya tersebut.
  Dari zaman dulu pemanfaatan komponen bahan alam adalah salah satu hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari pohon yang mana kayunya dapat digunakan sebagai bahan bangunan dan kerajinan, daunnya yang dimanfaatkan sebagai pangan dan obat-obatan, dan akarnya yang dimanfaatkan sebagai bahan pakaian. Seiring dengan berkembangnya zaman disertai dengan perkembangan IPTEK, kebutuhan akan komponen bahan alam yang digunakan dalam berbagai bidang menjadi semakin meluas. Tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar dari manusia untuk sandang, pangan, dan papannya, tetapi juga memenuhi kebutuhan akan obat-obatan, kosmetik, pestisida ramah lingkungan, zat warna alami, parfum, dan lain-lain.
 
    Pada blog kali ini kita hanya akan membahas bagaimana pemanfaatan dari turunan steroid untuk makhluk hidup, baik bagi tumbuhan, hewan maupun manusia. Sebelumnya juga kita sudah membahas tentang sumber steroid, dimana sumbernya dapat berasal dari tumbuhan dan juga hewan. Steroid yang berasal dari hewan tentu berbeda dengan steroid yang berasal dari tumbuhan, namun terkedang dapat ditemukan juga kemiripan antara keduanya. Turunan steroid yang sudah kita bahas sebelumnya akan memberikan manfaat yang berbeda-beda juga:
1. Kolesterol
    Kolesterol merupak suatu lemak yang sangat berguna bagi tubuh jika kadarnya sesuai. Didalam tubuh kita kolesterol ini sangatlah bermanfaat seperti dapat melindungi sel, membnatu produksi vitamin B, membantu memproduksi hormon, pembentuk empedu, dan menjaga otak. Kolestrol yang tepat didalam tubuh memang sangat bermanfaat dan bagaimana jika kolestrolnya kelebihan atau kekurangan didalam tubuh? Jadi jika didalam tubuh memiliki kolesterol yang tinggi akan dapat memicu penyakit kronis seperti kanker dan jika didalam tubuh kekuranagn kolesterol maka akan mengganggu kesehatan mental seseorang, selain itu jika pada wanita mengalami kekurangan kadar kolesterol didalam tubuhnya akan membuat waita tersebut depresi dan lemas.

2. Pogesteron
Progesteron adalah hormon yang berperan penting bagi fungsi sistem reproduksi wanita. Hormon ini diproduksi secara alami pada wanita saat mendekati menstruasi dan saat kehamilan. Ketika menopause, jumlah hormon progesteron yang dihasilkan akan berkurang. Progesteron diberikan sebagai suplemen atau tambahan ketika terjadi penurunan kadar hormon tersebut dalam tubuh wanita, misalnya ketika menopause, gangguan menstruasi, dan keguguran berulang akibat kekurangan progesteron. Progesteron juga terkandung dalam KB suntik yang dilakukan 3 bulan sekali. Selain itu pada tubuh pria juga terdapat hormoon progesteron ini namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan didalam tubuh wanita, pada pria hormon ini berfungsi dalam meningkatkan pembentukan hormon testoteron.

3. Testoteron
Hormon ini ditemukana didalam tubuh pria, yang mana berfungsi sebagai penguasaan libido , pembentukan otot dan sebagainya. Testosterone adalah obat yang diberikan sebagai terapi pengganti hormon, saat kadar testosteron dalam tubuh sangat rendah. Salah satu contoh penggunaan obat ini adalah pada kasus hipogonadisme pada pria, di mana tubuh tidak memproduksi hormon  testosteron secara cukup. Kekurangan testosteron dapat menyebabkan gangguan kesuburan, gangguan ereksi, serta terhambatnya pubertas dan pertumbuhan organ reproduksi pada pria.

4. Estrogen
Estrogen adalah obat untuk terapi pengganti hormon, yang diberikan pada kondisi di mana kadar hormon estrogen alami dalam tubuh tidak memadai. Selain sebagai pengganti hormon estrogen alami, obat ini dapat digunakan untuk mengatasi gejala yang timbul selama masa menopause dan mencegah osteroporosis pasca menopause. Di samping itu, estrogen juga berfungsi untuk mengatasi gangguan pada kulit genital atau masalah pada indung telur. Obat ini juga dapat diberikan dalam penanganan penyakit kanker payudara serta kanker prostat pada pria.


   Steroid dapat dijumpai didalam beberapa bahan alam, seperti 
   


1. Telur ; seperti yang kita ketahui bahwa telur tidak hanyak mengandung protein saja tetapi terdapat kandungan kolestrolnya yang cukup banyak. Jadi kandungan telur termasuk jenis steroid lemak sterol.
2. Kacang-kacangan ; Selain didalam telur, kolestrol dapat kita temukan juga didalam kacang-kacangan. Sehingga mengapa sering dalam diet digunakan kacang-kacangan karena didalamnya terkandung kolestrol yang baik.
3. Pisang ; Didalam pisang mengandung kalium dimana kalium tersebut dapat membantu memproduksi hormon testoteron didalam tubuh kita.
4. Avokad ; sama dengan pisang didalam avokad juga tinggi akan kandungan kaliumnya.
5. Hati ; didalam hati banyak mengandung vitamin A, sehingga dengan kandungan vitamin A tersebut dapat meningkatkan hormon testoteron dalam tubuh kita jika kita mengonsumdi hati. Selain itu, hati juga dapat meningkatkan kekuatan otot sehingga bagi laki-laki sangat disarankan untuk mengonsumsi hati biar ototnya semakin kuat. 
6. Pepaya ; Pada pepaya terdapat senyawa steroid dari golongan sterol yaitu ergost-5-en-3b-ol. Bagian yang ditemukan senyawa sterol ini pada daunnya. Daun pepaya ini banyak dijadikan alternatif pengobatan tradisional oleh masyarakat, seperti penyakit beri-beri, malaria, kejang perut, penurunan demam, dan penambah nafsu makan.
7. Kulit batang bakau merah ; Pada kulit batang bakau merah ini ditemukan senyawa steroid campuran dari campesterol dan stigmasterol. Kulit batang bakau ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai abrasi laut, bahan bangunan serta kayu bakar.
8. Buah mahkota dewa ; Pada buah mahkota dewa ini juga ditemukan senyawa steroid jenis stigmast.
9. Kulit batang buah maja ; Pada kulit batang buah maja ini juga ditemukan senyawa steroid jenis stigmasterol.


PERMASALAHAN:
1. Suatu lemak sterol yang bernama Phytosterols dan kolesterol merupakan jenis dari lemak sterol, dan apakah yang menyebabkan manfaat mereka berbeda padahal sama-sama termasuk kedalam jenis lemak sterol dan sama-sama memiliki gugus OH yang mengikat cincin A pada strukturnya?

2. Pada blog saya tertulis beberapa bahan alam yang mengandung steroid. Jika kita mengolah suatu makanan dari bahan alam yang mengandung suatu senyawa steroid tersebut, seperti misalnya kita mengolah pisang menjadi kerupuk pisang. Apakah kerupuk pisang tersebut masih memiliki manfaat yang sama dengan pisang yang sebelum diolah jika dilihat dari manfaat steroid didalam pisang tersebut?

3. DIkatakan bahwa kortikosteroid memiliki banyak manfaat bagi tubuh namun jika dikonsumsi terus menerus akan menimbulkan efek samping. Bereaksi dengan apakah didalam tubuh  sehingga kortikosteroid itu dapat membahayakan tubuh kita dan bagaimana hal itu bisa terjadi?


Komentar

  1. no.2
    dalam senyawa bahan alam yang mengandung steroid seperti pisang untuk manfaatananya dimana khasiatya jika dibandingkan dengan steroid yang diolah seperti krupuk pisang menurut saya jelas berbeda. karena di dalam krupuk pisang kandungannya didalamnya sudah tercampur dengan zat pengolahannya seperti minyak penggorengan.

    BalasHapus
  2. 1. 1. Menurut saya berbeda, kerena fitosterol lebih dikenal sebagai sterol tanaman, telah menunjukkan dapat menahan penyerapan kolesterol pada saluran pencernaan manusia berdasarkan uji klinis sehingga dapat membantu mengurangi lemak steroid ada hewan contohnya kolesterol itu berperan dalam pembentukan hormon kortisol dan aldosteron. Kedua hormon ini berperan penting dalam pengaturan tekanan darah, merespon stres, dan menjaga kesimbangan elektrolit tubuh.
    Semoga membantu:)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. 3.
    Menurut saya kartikosteroid yang kita konsumsi akan bereaksi dengan organ yang ada pada tubuh kita. Seperti ketika kita mengkonsumsi obat yang mengandung kartiosteroid untuk pengobatan peradangan pada kulit kita. Nah jika obat ini dikonsumsi secara terus menerus dan secara berlebihan biasanya akan menimbulkan efek samping pada tubuh kita seperti meningkatkan buang air kecil, jerawat, kelelahan pengeroposan tulang, tekanan darah tinggi, sakit kepala dan masih banyak lagi efek buruk yang menyerang organ tubuh kita yang lain karena pengkonsumsian kartikosteroid yang berlebihan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman dan Keunikan Struktur Kimia Steroid

Steroid Steroid adalah senyawa  bahan alam yang memiliki 17 atom karbon yang membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincin siklopentana  dengan struktur dasarnya yang dibentuk 1,2-sikloentenoperhidrofenantren. Kerangka dasar dari stereoid ini berbentuk triterpen jasiklik. Struktur stereoid memiliki empat cincin dimana pada cincin A, B dan C-nya terdapat 4 atom karbon dan cincin D-nya terdapat lima atom karbon. Steroid merupakan turunan dari terpena dan skualena. Yang membedakan dari semua jenis steroid terletak pada gugus fungsional yang diikat oleh empat cincin ini dan tahap oksidasi tiap-tiap cincin. Klasifikasi Steroid: Perbedaan antar kelompok dari steroid dapat dilihat dari jenis substituen R1, R2, dan R3 yang mengikat pada kerangka dasar steroid diatas sedangkan perbedaan dari setiap senyawanya diakibatkan dari panjang rantai karbon substituen, gugus fungsi substituen, jumlah dan posisi gugus fungsi oksigen, dan ikatan rangkap pada kerangka dasar serta konf

Jurnal Analisa Kualitatif Unsur-Unsur Zat Organik dan Penentuan Kelarutan

JURNAL PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I DISUSUN OLEH : SEPRIDA ANJELINA TARIGAN (NIM : A1C117051) DOSEN PENGAMPU: Dr. Drs. SYAMSURIZAL.,M.Si        PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI  2019 PERCOBAAN 1 I.      JUDUL : Analisa Kualitatif   Unsur-Unsur Zat Organik dan Penentuan Kelarutan II.   HARI, TANGGAL : Sabtu, 23 Februari 2019 III.              TUJUAN PERCOBAAN :      Pada akhir percobaan ini mahasiswa harus dapat dan memahami mengenai : a.          Prinsip dasar dalam analisa kualitatif dalam kimia organik. b.          Tahapan kerja analisa yang dimulai dengan unsur karbon, hidrogen, belerang nitrogen,           halogen dalam suatu senyawa organik dan penentuan kelas kelarutannya. c.          Mencoba beberapa senyawa unknown un

Jurnal Reaksi-reaksi Alkohol dan Fenol

    JURNAL VI PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK I REAKSI-REAKSI ALKOHOL DAN FENOL DISUSUN OLEH : SEPRIDA ANJELINA TARIGAN (NIM : A1C117051) DOSEN PENGAMPU : Dr. Drs. SYAMSURIZAL., M.Si PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI                                                                             2019                                                               PERCOBAAN 6 I. JUDUL : Reaksi-reaksi Alkohol dan Fenol II. HARI,TANGGAL : Sabtu, 30 Maret 2019 III. TUJUAN       Setelah menyelesaikan percobaan ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mengetahui:  Dapat memahami dan mengetahui perbedaan sifat- sifat antara alkohol dan fenol  Dapat memahami jenis-jenis reaksi dan pereaksi yang digunakan untuk membedakan antara senyawa-senyawa alkohol dan fenol  Dapat memahami asas-asas dari reaksi tersebut pada 2. IV. LANDASAN TEORI